Ini Akibatnya Kalau Tangki Bensin pada Motor Sering Kosong


Ini Akibatnya Kalau Tangki Bensin pada Motor Sering Kosong

blogmediasi.blogspot.com - Tangki sepeda motor jangan terlalu lama dibiarkan kosong atau keseringan diisi bensin dalam jumlah sedikit. Banyaknya ruang kosong dalam tangki yang berisi udara, justru dapat membawa akibat buruk pada fisik dan kinerja motor ke depannya. Efek ini diawali dengan munculnya persoalan ringan lalu merembet ke hal lainnya.

Dikutip dari laman Otosia, berikut beberapa efek buruk membiarkan tangki bensin sering kosong:

Menimbulkan karat. Tangki yang kosong atau hanya sering terisi sedikit bensi, membuat udara memenuhi rongga tangki. Akibatnya mudah terjadi oksidasi yang berujung pada munculnya noda karat. Jika karat makin banyak, maka dinding tangki dapat keropos lalu bocor. Solusinya, usahakan mengisi bensin sering dalam keadaan penuh. Bensin dapat melepaskan karat dan menjaga keawetan fisik tangki.

Banyak sisa-sisa endapan bensin. Tangki bensin yang jarang terisi juga menimbulan endapan terutama zat timbal dalam bentuk serbuk kecil. Semakin banyak endapan, maka menyumbar saluran pada tangki, Jangan heran jika motor yang karang terisi penuh tangkinya sering mengalami mogok di jalan.

Menganggu fuel pump. Ini ada bagian yang menyalurkan bensin ke dalam mesin. Endapan dari tangki yang menumpuk menimbulkan sumbatan pula pada fuel pump, sehingga alirannya tidak lancar.

Menganggu sistem pengapian. Kalau fuel pump sudah terganggu fungsinya, berpengaruh pula pada sistem pengapian motor. Sistem pengapian, baik sistem karburator atau injeksi, menjadi tidak stabil.

Penggunaan bensin menjadi boros. Hal ini muncul saat semua keburukan tersebut telah terjadi, mulai dari sumbatan di saluran tangki sampai ke fuel pump. Pemicunya adalah bahan bakar menjadi tidak optimal pembakarannya.. Akibatnya akan banyak bensin yang digunakan demi memberikan tenaga yang diharapkan.

Sumber: Sidomi.com

0 Response to "Ini Akibatnya Kalau Tangki Bensin pada Motor Sering Kosong"

Post a Comment

Nyepam Jewer


Blogmediasi adalah situs portal berita yang diambil dari beberapa situs berita online terpercaya, saya mengulasnya kembali dengan mencantumkan sumber dari situs tersebut.

Feed Blogmedia Situs Portal Berita